Artikel Kolaborasi MS Excell dengan MS Word
Latar Belakang
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dewasa ini, perpustakaan juga telah mengalami perkembangan yang sedemikian pesatnya. Perkembangan perpustakaan dalam beberapa dasawarsa ini telah banyak dipengaruhi oleh perkembangan keberadaan teknologi informasi. Sebagai salah satu lembaga yang berperan bertugas dalam pengumpulan, pengolahan dan pendistribusian informasi mau tidak mau harus berhadapan dengan apa yang dinamakan teknologi informasi ini.
Pada umumnya pengelolaan administrasi perputakaan yang menyangkut pengolahan bahan pustaka dilakukan dengan cara manual. Sehingga pengelolaannya terkesan komplek, bertele-tele dan kurang efisien. Sebelum bahan pustaka bisa dipergunakan oleh pemakai perpustakaan biasanya diolah terlebih dahulu sehingga bahan pustaka benar-benar siap untuk disajikan.
Kegiatan pengolahan bahan pustaka ini kebanyakan masih dilakukan secara manual. Pengolahan bahan pustaka secara manual dilakukan melalui serangkaian kegiatan antara lain penentuan nomor klasifikasi, Subyek, indeksi, file interfile, pembuatan katalog buku.
Serangkaian kegiatan ini tentunya membutuhkan waktu yang lama dan tenaga. Untuk mempermudahkan pekerjaan ini maka diperlukan kemampuan untuk mengolaborasi aplikasi komputer Ms. Excel dan Ms Word dalam melaksanakannya. Dengan kolaborasi ini maka sebagian pekerjaan yang secara manual harus dilakukan, tidak perlu dilakukan lagi karena pekerjaan tersebut sudah dapat atau dilakukan dengan kolaborasi Ms excel dan Ms Word. Dalam pondasi pengolahan bahan pustaka, pekerjaan yang paling terpenting adalah input data. Input data harus benar-benar akurat, karena data-data inilah yang nantinya akan dipakai dalam pembuatan kartu katalog, menyusun Bibliografi, Katalog Induk, Indeks, dan Literatur Sekunder lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar