Perlunya Standar Operasional Prosedur Dalam Perpustakaan

Perlunya Standar Operasional Prosedur
Dalam Perpustakaan
Oleh: Arta Simamora
Abstrak
Dewasa ini, tuntutan masyarakat terhadap pelayanan perpustakaan semakin besar, namun profesionalisme yang diharapkan belum sepenuhnya terwujud. Perpustakaan sebagai pelayanan informasi seringkali mendapat keluhan atau komplain tentang ketidakpuasannya terhadap pelayanannya. Untuk mengatasi permasalahan di atas, diperlukan Standar Operasional Prosedur (SOP) untuk perbaikan dan penataan ulang manajemen pelayanan ke arah yang lebih baik, terarah, mempunyai pola yang jelas, serta berkesinambungan (sustainable). Dengan menerapkan SOP di perpustakaan akan meningkatkan mutu layanan. 

Keyword : SOP, pelayanan publik, pelayanan perpustakaan, kualitas layanan

I.      Pendahuluan
A.    Latar Belakang
 Apakah SOP diperlukan di perpustakaan? Seberapa pentingkah SOP di perpustakaan? Apakah pekerjaan di perpustakaan banyak mengandung resiko? Pada dasarnya, di perpustakaan terdapat pekerjaan rutin yang dilakukan secara berulang-ulang, mulai dari pemilihan, pengadaan, pengatalogan, dan pemeliharaan koleksi sampai dengan pelayanan. Agar pekerjaan-pekerjaan tersebut dapat dilakukan dengan baik dan konsisten, maka diperlukan pedoman kerja. Pedoman yang dimaksud adalah prosedur kerja yang standar atau Standar Operasional Prosedur dan menerapkan tata kelola perpustakaan yang baik, penerapan mekanisme kontrol terhadap semua kualitas pekerjaan menjadi kebutuhan mendasar.
 Salah satu komponen yang sifatnya mendesak untuk ditata dan dibenahi saat ini adalah kualitas pelayanan yang sesuai dengan visi, misi, tujuan dan sasaran perpustakaan serta fungsi dan tugas pokok yang diemban. Dalam upaya mewujudkan kinerja pelayanan di perpustakaan perlu memiliki dan menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP).

 Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja berdasarkan indikator-indikator teknis, administrasif dan prosedural sesuai dengan tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan. Standar operasional prosedur ialah suatu rincian tertulis dalam bentuk dokumen yang berisi instruksi dan semua aktivitas yang dijalankan dengan periodik, berulang serta rutin. Tujuan SOP adalah menciptakan komitment mengenai apa yang dikerjakan oleh satuan unit kerja. Setiap unit kerja pada sebuah organisasi pasti memiliki sebuah SOP untuk menjaga kualitas kinerja dari masing-masing anggota.

Untuk lebih lanjut silahkan download artikel. Perlunya SOP dalam perpustakaan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar